Xenia Masih Miliki Masa Depan Cemerlang

Masuk di segmen riuh pasar otomotif tanah air, tak pelak Xenia pun diharuskan bersaing dengan lawan-lawannya yang begitu berat di segemn low MPV. Tak hanya bersaing ketat dengan Avanza,  Xenia pun juga bersaing dengan saudaranya, yaitu Daihatsu Sigra. Selain itu, kemunculan Xpander juga cukup menggempur pasar MPV saat ini.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama bulan Januari hingga September tahun 2017 ini, Sigra menempati posisi sebagai mobil terlaris di segmen mobil penumpang lansiran Daihatsu. Sebaliknya, Xenia memngalami penurunan hingga sebesar 13, 17 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Jika membandingkan antara Sigra dan Xenia, tentunya keduanya memiliki perbedaan meski hanya sedikit, antara lain dari sisi mesin. Selain itu, perbedaan yang tidak bia ditampik dari keduanya yaitu harga Sigra lebih rendah dibandingkan dengan Xenia.

Melihat kondisi tersebut, banyak yang berkomentar mengenai masa depan Xenia. Ada spekulais yang menyebutkan bahwa masa depan Xenia akan suram. Menanggapi hal tersebut, Hendrayadi Lastiyono selaku Marketing & Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), sebagaimana dikutip dari laman KompasOtomotif, menyebutkan bahwa Xenia kedepannya tidak akan memiliki masa depan yang suram.

Dituturkannya lagi bahwa pihak Daihatsu masih optimis kedepannya dan masih terbuka lebar untuk bisa meraih hasil yang elbih positif. Hendrayadi menjelaskan bahwa komposisi Daihatsu Sigra mencapai angka 25 persen hingga 26 persen year to date Januari hingga Oktober 2017. Sedangkan Xenia yang dulunya dominan, kini hanya mencapai 20 persen.

Ditambahkannya lagi, meski data menunjukkan demikian, dirinya menyebutkan bahwa bukan berarti penjualan Xenia turun karena hingga saat ini penjualannya maish sangat baik dengan rata-rata penjualan 2.900 unit hingga 3.000 unit per bulannya. Dirinya pun meyakinkan bahwa meski secara komposisi di bawah Sigra, tetapi penjualannya masih cukup baik.

Hendrayadi pun juga mengungkapkan bahwa kedepannya masa depan Xenia tidaklah suram. Sepertinya pernyataan tersebut benar adanya karena baru-baru ini telah muncul Xenia Custom sebagai senjata Daihatsu untuk mempertahankan dominasi Xenia di pasar MPV tanah air.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!