Gua Jepang: Spot Foto Asik dan Menarik

Selalu ada yang istimewa ketika berkunjung ke Yogyakarta. Banyak tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi untuk mengisi waktu luang. Salah satunya adalah gua peninggalan sejarah yang masih terus dijaga hingga sekarang bernama Gua Jepang. Bertempat di Lereng Bukit Pundong yang dekat dengan Pantai Parangtritis, pengunjung bisa mengunjungi wisata gua di Yogyakarta ini dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari jalan lingkar selatan Yogyakarta.

Berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, Gua Jepang menawarkan pemandangan yang elok. Perjalanan tidak akan terasa karena keindahan alam yang memesona. Sesampainya di tujuan, hamparan pasir Pantai Parangtritis dan laut selatan siap memanjakan mata wisatawan. Mengunjungi Gua Jepang tidak dikenakan tarif berapapun alias gratis. Pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir kendaraan yang dibawa.

Gua Jepang merupakan gua peninggalan Jepang yang digunakan sebagai tempat pertahanan ketika Perang Dunia II berlangsung. Gua ini terdiri dari beberapa bunker yang memiliki fungsinya masing – masing. Pembuatan gua ini dengan memanfaatkan tenaga masyarakat Indonesia pada zaman tersebut. Mereka dipekerjakan untuk melubangi dinding bukit dan menutupnya dengan batu dan semak untuk memaksimalkan penyamaran. Konstruksi gua yang terbuat dari beton mengakibatkan bangunan ini masih tetap bertahan hingga sekarang.

Selain melihat bentuk bangunan bersejarah, Gua Jepang di Bantul ini juga menawarkan pilihan menarik yang pasti akan dilirik pengguna media sosial. Pengelola tempat wisata ini menyediakan spot foto unik berbentuk Bunga Sepatu. Pengunjung yang berfoto di spot ini akan terlihat seperti putiknya. Hasil foto akan semakin terlihat apik karena latar belakangan pemandangan yang sangat asik.

Bagi para pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini diwajibkan membayar sejumlah uang. Namun, tidak perlu panik. Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan masih tetap ramah bagi kantong wisatawan. Walaupun Gua Jepang dibuka 24 jam bagi para pengunjung, spot foto Bunga Sepatu hanya dibuka sejak pukul 6 pagi hingga sore hari ketika matahari terbenam menjelang. Para wisatawan yang mengunjungi Pantai Parangtritis tidak ada salahnya untuk menyisipkan Gua Jepang sebagai destinasi wisata wajib yang bisa dikunjungi.