Gua Cerme: Wisata Gua di Yogyakarta yang Patut Dicoba

Banyak sekali wisata gua di Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Gua Cerme yang terletak di Kabupaten Bantul. Tepatnya di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri. Gua Cerme sangat cocok untuk dijadikan tracking bagi para pengunjung karena kondisi alam yang ditawarkan oleh gua tersebut.

Gua Cerme memiliki panjang sejauh 1,5 kilometer. Hal itulah yang menyebabkan Gua Cerme cocok untuk dijadikan tempat tracking, apalagi bagi para pemula. Di dalam gua ini juga terdapat sungai bawah tanah. Bagi para pengunjung bisa mengunjungi Gua Cerme saat musim kemarau, karena dikhawatirkan ketika musim hujan atau musim peralihan debit air akan meningkat. Jika demikian, pihak pengelola tidak mengijinkan pengunjung untuk masuk ke gua karena alasan keselamatan dan keamanan.

Asal – usul penamaan Gua Cerme dilatarbelakangi oleh keberadaan Walisongo. Dahulu, Gua Cerme dijadikan tempat berceramah oleh para wali. Selain itu, Gua Cerme juga dijadikan tempat berdiskusi ketika Walisongo ingin mendirikan Masjid Demak. Itulah mengapa Gua Cerme dinamakan demikian karena fungsinya saat masa Walisongo.

Gua Cerme masih digunakan sebagai tempat semedi oleh kebanyakan orang hingga sekarang. Beberapa pengunjung juga memiliki alasan religius ketika memutuskan untuk mengunjungi tempat ini. Namun, jpara pengunjung jangan takut ataupun was – was, tidak terjadi apapun, asalkan tetap menjaga sikap dan kesopanan. Disini juga disediakan pemandu yang akan menunjukkan tempat – tempat yang ada dalam gua.

Biaya sewa pemandu dikenakan tarif 50 ribu rupiah untuk memandu 15 orang. Jika lebih dari itu, pengunjung dikenakan tarif 4 ribu rupiah per orang. Selain menyewa pemandu, pengunjung juga diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar 3 ribu rupiah. Jika membawa kendaraan, pengunjung dikenakan biaya sebesar 3 ribu rupiah.

Tracking di Gua Cerme membutuhkan stamina yang harus cukup fit karena gua yang cukup panjang. Di dalam, pengunjung akan menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit dengan air yang menetes. Kewaspadaan harus tetap diperhatikan ketika menikmati itu semua. Dikhawatirkan jika tidak waspada, pengunjung akan terpeleset.

Sebagai informasi, di dalam gua sangatlah gelap. Pengunjung bisa menyewa head lamp atau senter seharga 5 ribu rupiah. Selain itu, ada baiknya jikapengunjung membawa baju ganti karena baju yang dikenakan ketika tracking pasti bahas karena harus melewati aliran sungai di dalam gua.