Daihatsu Sirion Beda Kasta dengan Ayla 1.2 L

Kemunculan New Astra Daihatsu Ayla pada awal tahun 2017 ini, menimbulkan gesekan terhadap model-model Daihatsu lainnya. Daihatsu Ayla 1.2 L tersebut pun bergesekan dengan saudara sesama mobil mungil, yaitu Sirion. Sirion memiliki mesin 1.300 cc yang juga mirip dengan Ayla.

Kedua mobil itu pun bersaing di kelas yang sama, yaitu di bermain di segmen city car. Banyak yang menganggap bahwa masuknya dua model mobil Daihatsu tersebut di kelas yang sama, maka kasta yang ditempati oleh keduanya adalah sama.

Mendengar hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), sebagaimana dilansir dari laman KompasOtomotif pun emngatakan bahwa meski mirip, namun keduanya berbeda kasta. Dijelaskannya lebih lanjut bahwa Ayla termasuk ke dalam kategori “mobil murah” KBH2/LCGC, sedangkan Sirion merupakan CBU dari Malaysia.

Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran ADM pun mengungkapkan bahwa kedua mobil tersebut beda kelas. Disebutkannya bahwa Sirion memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Ayla karena harga lebih mahal dan spesifikasinya pun juga di lebih baik dibandingkan dengan Ayla.

Disisi lain, Marketing and Customer Relation Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi lastiyoso, menyebutkan bahwa Sirion akan tetap menjadi salah satu line up Daihatsu sebagai pilihan di segmen city car.

Dituturkannya lebih lanjut bahwa dari data yang ada, Sirion masih terjual rata-rata 200 hingga 250an unit perangkat bulan. Dari jumlah tersebut, Daihatsu pun menyebutkan bahwa jumlah tersebut bukanlah jumlah kecil karena Sirion merupakan mobil impor (CBU) dan bukan merupakan mobil CKD sehingga jumlah berapa pun tidak dianggap kekecilan.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa Sirion merupakan produk yang lahir di Malaysia dan bukan produk khusus untuk pasar Indonesia. Jika dilihat sekilas memang psar mobil mungil ini mirip dengan Ayla 1.2 yaitu menyasar kalangan anak muda, tetapi kelasnya lebih tinggi karena harganya diatas Rp. 150 juta.

Amelia pun juga menambahkan, bahwa Sirion saat ini masih menduduki peringkat ke tiga di segmen city car secara nasional dan peringkat itu pun dipandangnya masih cukup baik dengan kondisi pasar city car yang terus merosot.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!