Bertandang ke Gua Tanding di Gunung Kidul

Ada banyak pilihan wisata di Yogyakarta. Tujuan yang bisa dipilih adalah wisata alam. salah satu wisata gua di Yogyakarta yang terkenal adalah Gua Pindul. Sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini. Di musim liburan, Gua Pindul akan sangat dipadati oleh wisatawan dari dalam ataupun luar negeri. Menghadapi masifnya keinginan wisatawan untuk berkunjung menyebabkan pihak pengelola mencari alternatif lain.

Wisata alam baru yang ditawarkan bernama Wisata Gua Tanding. Berada di selatan Gua Pindul di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gua Tanding bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam. konsep yang ditawarkan hampir sama dengan Gua Pindul. Gua Tanding memiliki lebar sekitar 4 hingga 8 meter. Jarak antara permukaan air sungai yang mengalir hingga atap gua sekitar 4 hingga 11 meter.

Jika di Gua Pindul pengunjung menyusuri gua menggunakan karet ban yang terpisah, di Gua Tanding pengunjung menyusuri sungai sejauh 450 meter menggunakan satu perahu karet yang dapat diisi maksimal 6 orang. Selama kurun waktu 1,5 jam, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai keindahan stalaktit dan stalagmit aktif yang menghiasi Gua Tanding. Berbeda dengan Gua Pindul, Gua Tanding hanya memiliki satu mulut gua yang dijadikan pintu masuk dan pintu keluar.

Walaupun dibuka sebagai alternatif ketika Gua Pindul sesak oleh pengunjung, bukan berarti penamaan Gua Tanding diharap menjadi tandingan. Kata “Tanding” diambil dari nama salah satu warga yang menemukan gua tersebut. Harga tiket masuk ke Gua Tanding sebesar 150 ribu rupiah untuk wisatawan dalam negeri dan 200 ribu rupiah untuk wisatawan luar negeri. Sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Gua Pindul, tapi jangan khawatir, biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan apa yang akan didapatkan.

Uang yang dibayarkan sebagai harga tiket masuk sudah termasuk biaya retribusi, perlengkapan keamanan selama menyusuri gua, perahu karet dan pemandu. Selain itu, pengunjung juga akan mendapat makanan ringan dan atau minuman hangat setelah puas menjelajahi isi gua.

Selain itu, sekitar 20 meter ke bawah dari pintu masuk, akan ditemukan tempat terapi ikan. Pengunjung yang kelelahan bisa relaksasi sejenak. Ada juga hal lain yang bisa dinikmati di Gua Tanding, yaitu rappeling rope menuju dasar gua, melihat keindahan Kedung Buntung serta merasakan segarnya mata air Ngancar.